Rabu, 17 November 2010

bencana ketidakadilan

Semalam, Grobogan Bertakbir
GROBOGAN-Gema takbir semalam dikunmandangkan hampir di seluruh penjuru pelosok Kabupan Grobogan. Gema takbir sebagian ada yang dikumandangkan di mushola, masjid maupun rumah-rumah penduduk. Bahkan, sebagian mereka juga ada yang bertakbir dengan cara berkeliling kota.
Salah satu desa yang menggelar takbir keliling adalah Desa Ringinharjo, Kecamatan Gubug. Di desa, sebagian anak-anak bertakbir dengan cara keliling kampung.
Untuk takbir semalam suntuk biasanya digelar di masjid dan mushola,” ujar tokoh masyarakat setempat, Muhlis Asykuri.
Gema takbir juga dikunmadangkan masyarakat Desa Tambakselo, Kecamatan Wirosari. Sama seperti di Desa Ringinharjo, di Desa Tambakselo takbir dikumandangkan masyarakat begitu sholat maghrib usai. Namun, karena musim penghujan, untuk malam ini di tambak selo tidak dilakukan takbir keliling. Sementara saat idul fitri yang lalu, masyarakat menggelar takbir keliling.
Masyarakat memilih mengumandangkan takbir di mushola dan masjid,” kata Asrori, masyarakat setempat.
Untuk lomba takbir keliling digelar di Kota Wirosari. Lomba takbir dilaksanakan dalam rangka untuk menyemarakkan datangnya hari raya Idul Adha tahun 1431 Hijriyah. Lomba takbir tersebut diikuti siswa MTs/SMP, SD/MI dan Taman Pendidikan Alqur'an (TPQ) serta Madrasah Diniyah (Madin). Kegiatan dipusatkan di Kantor Kawedanan Wirosari.
Rozikun MPd.I, selaku penasehat panitia mengatakan, lomba tersebut tujuan utamanya adalah untuk syiar. Dimana, momentum idul kurban menjadi wahana yang tempat untuk menggelar acara tersebut. Selain itu, acara tersebut juga dimaksudkan untuk mengenalkan perintah takbir di hari raya idul adha kepada anak-anak.
"Karena itu, kami sengaja mengkhususkan acara tersebut untuk anak-anak SMP/MTs, SD/MI dan TPQ serta Madin," ujar Rozikun yang alumni pasca sarjana Universitas Nadhatul Ulama (UNU) Surakarta tersebut.
Dewan yuri menilai masing-masing kelompok yang beranggotakan 30 siswa. Yakni, kerapian, keindahan, kemerduan dan kefasihan suara. Selain itu, musik tradisional yang mengiringi takbir juga akan menjadi faktor penilaian. Nantinya, panitia akan memberikan hadiah berupa uang pembinaan. Selain itu, panitia juga akan menyiapkan hadiah dorprize berupa hewan kambing.

Tidak ada komentar: