Minggu, 14 November 2010

lomba takbir wirosari

Di Wirosari, Lomba Takbir Berhadiah Kambing
GROBOGAN-Untuk menyemarakkan datangnya hari raya idul adha, akan digelar lomba takbir. Lomba takbir yang akan diikuti siswa MTs/SMP, SD/MI dan Taman Pendidikan Alqur'an (TPQ) serta Madrasah Diniyah (Madin) itu akan dipusatkan di Kantor Kawedanan Wirosari. Yakni, pada Selasa malam besuk. Lomba tersebut akan diberikan hadiah uang pembinaan dan 10 ekor kambing sebagai hadiah dorprize.
Rozikun MPd.I, selaku penasehat panitia mengatakan, lomba tersebut tujuan utamanya adalah untuk syiar. Dimana, momentum idul kurban menjadi wahana yang tempat untuk menggelar acara tersebut. Selain itu, acara tersebut juga dimaksudkan untuk mengenalkan perintah takbir di hari raya idul adha kepada anak-anak.
"Karena itu, kami sengaja mengkhususkan acara tersebut untuk anak-anak SMP/MTs, SD/MI dan TPQ serta Madin," ujar Rozikun yang alumni pasca sarjana Universitas Nadhatul Ulama (UNU) Surakarta tersebut.
Lomba takbir tersebut akan dimulai sekitar pukul 19.00 WIB. Nantinya, peserta akan mengelilingi sejumlah rute di ibukota Kecamatan Wirosari. Namun, jika terjadi hujan, maka pelaksanaan takbir akan dilaksanakan di tempat tersebut atau tidak keliling. Untuk masing-masing sekolah atau group beranggotakan 30 anak.
Dewan yuri nantinya akan menilai masing-masing kelompok. Yakni, kerapian, keindahan, kemerduan dan kefasihan suara. Selain itu, musik tradisional yang mengiringi takbir juga akan menjadi faktor penilaian. Nantinya, panitia akan memberikan hadiah berupa uang pembinaan. Selain itu, panitia juga akan menyiapkan hadiah dorprize berupa 10 ekor hewan kambing.(*)

Tidak ada komentar: