Selasa, 07 Desember 2010




1 Syuro, Warga NU Jalan Santai
REMBANG-Untuk menyambut 1 Muharrom (syuro) 1432 Hijriyah, ribuan warga di Kecamatan Bulu, kemarin melakukan jalan santai. Jalan santai yang mengitari sejumlah desa itu menempuh jarak sekitar tiga kilo meter.  Kegiatan itu digelar MWC NU Bulu. Selain untuk menyambut tahun baru hijriyah, acara tersebut juga dimaksudkan untuk harlah Ke-34 Yayasan Ar-Rohman.
Wakil Ketua Panitia, Ahmad Muchayat dengan didampingi Sekretaris Panitia, Suyoto Zuhdi mengatakan, jalan santai tersebut diikuti para kiai, habib, pengurus MWC NU, IPPNU, IPNU, Fatayat, Muslimat dan Gerakan Pemuda Ansor. Selain itu, seluruh siswa MI, MTs, MA, Madrasah Diniyah (Madin), PAUD/RA yang ada i kecamatan itu turut memeriahkan acara tersebut.
”Kita menyambut tahun baru hijriyah lewat kegiatan yang menyehatkan. Yakni, jalan santai,” ujar mahasiswa SATIN Kudus tersebut.
Dikatakan, kalender hijriyah diawali dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhamad dari Makah ke Madinah. Spirit hijriyah layak diteladani dari generasi sekarang. Yakni, berhijrah dari hal-hal yang negatif ke hal-hal yang positif.  Atau berhijrah dari jalan kedzaliman menuju ke jalan yang penuh keberkahan.
Dikatakan, acara jalan sehat yang digelar MWC NU Bulu itu merupakan acara tradisi tahunan.  Untuk kali ini, jalan sehat mengambil start dan finish dari lapangan Desa Warugunung. Kemudian perjalanan menyusuri Desa Cabean, Lambangan Kulon, Lambangan Wetan, dan Sumbermulyo.
”Kami membagikan sekitar 80 hadiah dorprize kepada peserta jalan santai,” tambahnya.
Selain jalan santai, panitia juga menggelar sejumalh kegiatan. Seperti  lomba hafalan juz amma, MTQ, santunan anak yatim, hadroh, cerdas cermat madin, pertandingan bola volly, perkemahan pramuka, samproh.  Aneka macam lomba itu masih akan berlangsung dalam beberapa pekan ke depan. Acara akan ditutup dengan pengajian akbar. Pengajian yang akan digelar pada 5 Januari di Desa Ngulakan itu dihadiri pembicara KH Chazim Mabrur.(slk)

Tidak ada komentar: