Minggu, 24 Oktober 2010

MA YS PIS

MA YSPIS Kaji Kitab Kuning
REMBANG-Sedikitnya 437 siswa Madrasah Aliyah (MA) YSPIS Gandrirojo, Kecamatan Sedan, Rembang, sejak awal puasa ini (2010) melakukan aneka aktifitas diluar aktifitas proses belajar mengajar rutin. Yakni, pengkajian kitab kuning, jamaah shalat taroweh di auditorium dan pendalam kitab suci Al-Qur’an. Selain itu, mereka juga menggelar buka bersama, pembagian zakat fitrah dan merencanakan acara halal bihalal.
Kepala MA YPIS, Muhtar Nuha Msi mengatakan, kendati para siswa sedang berpuasa namun kegiatan belajar mengajar tetap berjalan sebagaimana aturan yang berlaku. Namun, demi untuk meningkatkan kualitas spiritual anak dan menyambut datangnya bulan subi Ramadhan, pihak sekolah memberikan tugas tambahan. Tugas tambahan yang diberikan berkaitan dengan pendalaman ilmu keagamaan, peningkatan moralitas dan meningkat rasa solidaritas kepada sesama.
”Selama Ramadan ini, kami menempa mental para siswa. Sehingga dengan cara itu, mereka diharapkan akan menjadi pribadi yang berkualitas, populis, relegius dan berwawasan ke depan,” ujar Muhtar yang juga alumni Pascasarjana Unimas Malang tersebut.
Diantara kegiatan yang digunakan untuk menempa mental para siswa adalah jamaah sholat taroweh. Sholat taroweh bersama itu digelar setiap malam. Kemudian untuk pagi hari dilaksanakan kajian kitab kuning. Ada tujuh kitab kuning yang dikaji selaam Ramadan. Diantaranya adalah kitab Ta’limul Muta’allim. Kitab tersebut antara lain berisikan pedoman atau tata cara para siswa belajar, menghormtai kitab dan menghormati gurunya. Selain itu ada kitab Fathul Qorib yang berisikan materi hukum Islam. Untuk kajian kitab kuning, diwajibkan bagi siswa kelas X dan kelas XI.
”Para siswa juga melakukan pendalaman materi aswaja. Untuk materi ini diikuti kelas XII jurusa IPA dan IPS,” tambahnya.
Dikatakan, untuk meningkatkan rasa peduli dan cinta pada anak yatim piyatu, MA YSPIS akan menggelar buka bersama dengan 100 anak yatim. Buka bersama antara civitas studika MA YPSIS dengan anak yatim tersebut dilaksanakan pada 2 September. Kemudian pada 7 September dilakukan pengumpulan dan pembagian zakat fitrah.
“Kegiatan pembagian zakat fitrah dimaksudkan agar para siswa memiliki kepedulian kepada fakir miskin dengan memanfaatkan momentum Raamadan,” tandasnya.
Bagi siswa yang bacaan Al-Qur’an belum lancar, mereka diberikan kesempatan melakukan pendalaman. Sedangkan waktunya dialokasikan pasca sholat taroweh. Kegiatan Ramadhan akan ditutup dengan acara halal bihalal. Halal bihalal direncakan digelar pada 179 September.(slk)

Tidak ada komentar: